15 Prodi UIN SGD Mulai Terima Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN & SBMPTN

22 January 2018 - Kategori Blog

Sebanyak 15 program studi (prodi) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) kini menerima lulusan SMA, SMK, dan madrasah aliah (MA) untuk menjadi mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Semua prodi tersebut diselenggarakan berdasarkan izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menurut Rektor UIN SGD, Mahmud, pihaknya menyelenggarakan 44 prodi sarjana (S1) yang meliputi 29 prodi berdasarkan izin dari Kemenag dan 15 prodi berdasarkan izin Kemenristekdikti. “Prodi yang izinnya dari Kemenristekdikti membuka SNMPTN maupun SBMPTN pada tahun akademik 2018/2019,” katanya selepas wisuda UIN SGD, Minggu, 21 Januari 2018.

Ke-15 prodi itu yakni Administrasi Publik, Agroteknologi, Biologi, Fisika, Ilmu Hukum, Humas, Jurnalistik, Kimia, Manajemen, Matematika, Psikologi, Sosiologi, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Sastra Inggris.

“Berdasarkan ketentuan panitia nasional dari Kemenristekdikti, jadwal SNMPTN dimulai dari pengisian di PDSS pada 13 Januari sampai 10 Februari 2018, pendaftaran 21 Februari sampai 6 Maret dan pengumuman 17 April 2018. Sedangkan pendaftaran SBMPTN (UTBK dan UTBC) mulai 5 sampai 27 April 2018, pelaksanaan ujian pada 8 Mei, dan pengumuman pada 3 Juli 2018,” tuturnya.

Selain menyelenggarakan SNMPTN dan SBMPTN, kata Mahmud, UIN SGD juga meneyelenggarakan tiga seleksi lainnya, yaitu SPANPTKIN dan UMPTKIN untuk 29 prodi yang diselenggarakan berdasarkan izin Kemenag. Selain itu juga disediakan jalu mandiri.

Jalur Lainnya

29 prodi yang dimaksud adalah hukum keluarga (ahwalu syakhsiyah), akidah dan filsafat Islam, bahasa dan sastra Arab, bimbingan konseling Islam, hukum pidana Islam, komunikasi dan penyiaran Islam, manajemen dakwah, hukum ekonomi syariah (muamalah), pendidikan agama Islam, pendidikan bahasa Arab, pendidikan guru madrasah ibtidaiah, dan pendidikan islam anak usia dini.

“Di samping itu, prodi lainnya pengembangan masyarakat Islam, perbandingan mazhab dan hukum, studi agama-agama, sejarah peradaban Islam, hukum tata negara (syiyasah), ilmu Alquran dan tafsir, ilmu Hadis, tasauf psikoterafi, manajemen keuangan syariah, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan biologi, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan matematika, ekonomi syariah, dan akuntansi syariah,” katanya.

Sedangkan untuk jalur mandiri, kata Mahmud, membaginya menjadi dua bagian yaitu program tafhfiz Alquran dan jalur prestasi. “Semua pendaftaran dilakukan melalui dalam jaringan (daring) atau online,” jelas Mahmud.

Menyoal waktu pendaftaran ketiga jalur seleksi tersebut, Mahmud mengaku belum bisa menentukannya. Ia masih harus menunggu keputusan dari panitia nasional yang diketuai oleh IAIN Makassar. “Kuota mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang akan diterima di UIN SGD juga masih dalam tahap penggodokan,” katanya.

 

Sumber:

http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/01/21/15-prodi-uin-sgd-mulai-tahun-ini-terima-mahasiswa-baru-lewat-snmptn-dan-sbmptn

, , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp