Jurusan Kuliah Ramai Peminat pada SBMPTN 2018

13 December 2017 - Kategori Blog

Selain virus merah jambu alias cinta, apalagi yang sering membuat galau siswa kelas XII? Yap, sobat MBS benar: Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dari sisi psikologis, SBMPTN tentu saja lebih mendebarkan dibandingkan dengan UN. Pasalnya, tingkat kesulitan soalnya jauh di atas UN. Selain itu, persaingan yang sangat ketat di SBMPTN selalu menghantui lulusan SMTA setiap tahunnya.

Seleksi tertulis yang diselenggarakan secara nasional ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dari sekian banyak PTN di Indonesia, ada tiga nama yang selalu jadi incaran para calon mahasiswa baru, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia (UI). Ketiga PTN ini dikenal punya daya tampung terbatas, tetapi justru lebih diminati daripada PTN lainnya.

Berdasarkan data pada tahun-tahun sebelumnya, apa saja jurusan atau program studi (prodi) yang diperkirakan ramai diminati pada SBMPTN 2018 nanti? Blog MBS ini akan mengupasnya untuk kamu.

Jurusan Paling Diminati di UI

Menurut situs resmi sbmptn.ac.id, jurusan yang paling banyak diminati siswa di Universitas Indonesia untuk Kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) adalah Pendidikan Kedokteran. Pada 2016 lalu, peminat jurusan ini tercatat sejumlah 2.940 peminat, dengan tingkat daya tampung 72 kursi. Untuk Kelompok Sosial Humaniora (Soshum), jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah Ilmu Hukum, sebanyak 3.351 peminat dan daya tampung hanya 100 kursi.

Jurusan Paling Diminati di ITB

Sementara itu, jurusan yang paling banyak diminati siswa di ITB untuk Kelompok Saintek adalah STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika), yakni 3.705 peminat, dengan daya tampung 183 kursi.
Untuk Kelompok Soshum, jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah SBM (Sekolah Bisnis Manajemen), dengan 3.327 peminat dan daya tampung 130 kursi.

Jurusan Paling Diminati di UGM

Adapun di Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan yang paling banyak diminati siswa untuk Kelompok Saintek adalah Ilmu Kedokteran. Jurusan ini tercatat “dilamar” oleh 3.321 peminat, sedangkan daya tampung hanya 53 kursi. Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat terbanyak tahun lalu adalah Ilmu Hukum, dengan 3.164 peminat dan daya tampung 90 kursi.

Berdasarkan data 3 tahun terakhir yang dihimpun dalam website resmi SBMPTN, termasuk data tahun lalu di atas, jurusan atau program studi dari Kelompok Saintek dan Soshum di 3 universitas favorit tersebut selalu menjadi yang tertinggi melampaui jurusan atau program studi lainnya. Artinya, program studi Ilmu Kedokteran dan Hukum (UI dan UGM) serta STEI dan SBM (ITB) diperkirakan tetap akan menjadi prodi yang ramai peminat pada SBMPTN 2018 nanti.

Nah, buat kamu yang bercita-cita mengenyam pendidikan di bangku kuliah kampus favorit dengan jurusan-jurusan ramai peminat di atas tentu saja harus belajar serius. Jika tidak, kursi PTN favoritmu itu pasti akan diduduki pesaingmu. So, belajar dari sekarang ya, Sobat MBS, untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2018 nanti.


Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di SBMPTN 2018

, , , , ,

 
Chat via Whatsapp