• Jam Buka Toko: 10.00 s.d. 20.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 08562168097
  • Line : @mediabelajarsiswa
  • BBM : MBScom
  • cs@mediabelajarsiswa.com
Terpopuler:

Jurusan Kuliah Sepi Peminat pada SBMPTN 2018

13 December 2017 - Kategori Blog

Halo sobat MBS, apa kabar? Moga sehat-sehat ya. Blog MBS kali ini akan mengulas beberapa jurusan kuliah yang diperkirakan bakal sepi peminat pada SBMPTN 2018. Dari sekarang, kamu yang berniat melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi, dapat menimbang-nimbang jurusan atau program studi apa yang kamu mau tuju dan seberapa ketat persaingannya.

Jurusan Sepi Peminat di UI

Merujuk pada situs resmi sbmptn.ac.id, jurusan yang paling sedikit diminati siswa di Universitas Indonesia (UI) untuk Kelompok Sains dan Tekonologi (Saintek) adalah Teknik Geologi. Pada tahun lalu, hanya ada 375 peminat di jurusan ini dengan daya tampung sebanyak 24 kursi. Masih di UI, untuk Kelompok Sosial Humaniora (Soshum), jurusan dengan peminat paling sedikit tahun lalu adalah Sastra Jawa dengan 295 peminat dan daya tampung 20 kursi.

Jurusan Sepi Peminat di ITB

Sementara itu, jurusan yang paling sedikit diminati siswa untuk Kelompok Saintek di Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah FTI (Fakultas Teknologi Industri) kelas Jatinangor, dengan 677 peminat dan daya tampung sebanyak 33 kursi. Untuk Kelompok Soshum, FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) merupakan jurusan dengan peminat paling sedikit tahun lalu, dengan 2.530 peminat dan daya tampung sebanyak 150 kursi.

Jurusan Sepi Peminat di UGM

Adapun di Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan yang paling sedikit diminati untuk Kelompok Saintek adalah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dengan 176 peminat dan daya tampung sebanyak 8 kursi. Untuk Kelompok Soshum, jurusan yang peminatnya paling sedikit tahun lalu adalah Sastra Nusantara, dengan 147 peminat dan daya tampung hanya 8 kursi.

Jurusan Sepi Peminat di Unpad

Bagaimana dengan Unpad, yang disebut-sebut sebagai PTN dengan peminat terbanyak selama 3 tahun terakhir? Di Unpad ternyata ada juga jurusan yang sepi peminat. Fisika untuk Kelompok Saintek, misalnya, dengan 797 peminat dan daya tampung 53 kursi.
Untuk Kelompok Soshum, jurusan dengan peminat sedikit tahun lalu adalah Sastra Rusia, dengan 351 peminat dan daya tampung hanya 30 kursi.

Prediksi Jurusan Sepi Peminat di SBMPTN 2018

Melihat tren data tiga tahun terakhir, jurusan atau program studi (prodi) dari Kelompok Saintek dan Soshum di keempat PTN favorit tersebut cenderung menjadi yang terendah di antara prodi lainnya. Artinya, Teknik Geologi dan Sastra Jawa (UI), FTI kelas Jatinangor dan FSRD (ITB), Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, serta Sastra Nusantara (UGM) dan Sastra Rusia (Unpad) diperkirakan menjadi prodi dengan jumlah peminat terendah pada SBMPTN 2018 nanti.

Nah, demikianlah prediksi beberapa jurusan/prodi yang diperkirakan sepi peminat pada SBMPTN 2018. Cermatlah dalam memilih jurusan/prodi, sesuai dengan passion dan juga kemampuan kalian ya Sobat MBS. Mumpung SBMPTN masih sekitar 6 bulan lagi, masih cukup kesempatan untuk menimbang-nimbang ulang prodi di kampus idaman kamu.


Baca Juga: Jurusan Ramai Peminat pada SBMPTN 2018

, , , , ,