• Jam Buka Toko: 10.00 s.d 20.00
  • Status Order
  • SMS/WA: 08562168097
  • Line : @mediabelajarsiswa
  • BBM : 58030A77
  • cs@mediabelajarsiswa.com
Terpopuler:

Memahami Jalur Prestasi: Jalur Alternatif Masuk PTN

05 December 2017 - Kategori Blog

Di bulan Maret sampai Mei nanti bisa dibilang sebagian besar waktu sekolah anak kelas 12 bakal diisi lebih banyak ujian dari pada pembelajaran sekolah. Kemudian Mulai bulan Maret ada ujian praktek dan USBN, bulan April ada UNBK dan mungkin aja seleksi perguruan tinggi kedinasan atau perguruan tinggi swasta (PTS), bulan Mei ada SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM dan beberapa ujian mandiri lain.

Nah, sebetulnya di luar jalur tes tersebut. Ada beberapa alternatif jalur masuk yang bisa kamu perhitungkan sebagai “peluru tambahan” untuk memperbesar kemungkinan kamu masuk universitas. Jalur alternatif ini gampangnya aku beri nama sebagai “jalur prestasi” yang proses seleksinya berfokus pada prestasi-prestasi dan pencapaian kamu baik dalam hal akademis maupun non-akademis selama masa SMA/sederajat. Ada apa aja jalur prestasi yang tersedia? Yuk kita bahas satu per satu!

Gambaran Umum Jalur Masuk PTN

Sebelum masuk ke penjelasan jalur prestasi, kita bahas dahulu secara singkat gambaran umum jalur masuk PTN. Secara umum, jalur masuk PTN secara umum dibagi menjadi 3:

  1. SNMPTN, atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dengan kuota penerimaan minimal 30%
  2. SBMPTN, atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dengan kota penerimaan minimal 30%
  3. Jalur seleksi mandiri PTN yang mekanismenya diserahkan ke masing-masing PTN, dengan kota penerimaan maksimal 30%

Setiap PTN boleh dan bisa untuk menambahkan kuota untuk SNMPTN dan SBMPTN. Bisa nambah 40 persen sampai 50 persen. Ini tergantung kebijakan perguruan tingginya. Asal jangan diatas 30 persen untuk seleksi mandirinya.

Intinya ada jatah maksimal 30% yang bisa digunakan masing-masing PTN untuk menerima siswa dengan sistem seleksi yang diserahkan di PTN masing-masing. Bisa menggunakan ujian (misalnya SIMAK UI, UTUL UGM), bisa menggunakan rapor atau prestasi lain, atau bisa juga mix keduanya, jadi setelah diseleksi raportnya, lalu diuji lagi.

Sedikit Catatan Terkait Jalur SNMPTN

Sedikit catatan terkait jalur SNMPTN. Sebetulnya, jalur SNMPTN ini bisa juga digolongkan sebagai “jalur prestasi”, karena memang proses seleksinya melihat prestasi kamu selama masa SMA. Bedanya jalur SNMPTN ini mencakup skala nasional. Sementara yang aku maksud dengan jalur prestasi dalam artikel ini adalah jalur mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas.

Jadi bisa dikatakan bahwa SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk PTN dengan melihat prestasi (raport dan prestasi lain). Di SNMPTN kamu bisa memilih 2 PTN dengan maksimal 3 jurusan.

Selain SNMPTN, ada banyak universitas yang membuka jalur prestasi. Dalam artikel ini aku akan bikin list mana aja PTN yang membuka jalur prestasi. Beberapa di antaranya akan aku bahas di bawah:

 

Kumpulan Jalur Prestasi Masuk PTN

Sesuai dengan penjelasan di atas, karena jalur prestasi ini diserahkan ke masing-masing PTN, maka namanya bisa berbeda-beda tergantung kebijakan universitas-nya. Berikut juga nama seleksi, persyaratan, tanggal pelaksanaan, kuota, mekanisme seleksi,dll akan mengikuti kebijakan internal masing-masing universitas. Oleh karena itu, aku saranin, setelah kamu baca artikel ini, kamu menelusuri keterangan selengkapnya di website masing-masing universitas. Linknya aku taruh di masing-masing keterangan.

Oke, berikut adalah list beberapa universitas yang mengadakan jalur prestasi:

1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) – UGM

Selain mengadakan seleksi mandiri berupa ujian tulis (UTUL), UGM juga mengadakan PBUTM atau jalur prestasi. Sesuai dengan namanya, syarat mengikuti seleksi ini adalah siswa harus memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 25% terbaik di kelasnya.

Selain seleksi administratif, akan ada ujian tertulis bagi yang lolos seleksi administratif. Jadi memang tidak semua peserta nanti akan lolos seleksi administratif. Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Apabila kamu diterima, maka kamu akan memperoleh beasiswa biaya pendidikan selama 8 semesterdari UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 23 Maret – 10 April 2017

Link informasi selengkapnya bisa baca di website resmi universitas UGM berikut ini.

 

2. Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) – IPB

IPB mengalokasikan sekitar 15 kursi (sekitar 0-0.2%) dari daya tampung IPB untuk jalur PIN. Menurut aku pribadi sih ini sangat kecil. Namun bagi kamu yang memang punya prestasi dan berminat kuliah di IPB, jalur ini lumayan layak untuk dicoba.

Cakupan prestasi yang menjadi kriteria adalah meraih penghargaan/juara dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau lomba yang diadakan IPB, antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Sains, atau  hafidz Al-Quran sekurangnya 15 juz, kamu juga bisa mendaftar jalur ini.

Pendaftaran tahun 2016/2017: maksimal pengiriman berkas lamaran tanggal 1 Juni setiap tahunnya (cap pos)

Link informasi selengkapnya ada di website resmi IPB berikut ini.

 

3. Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi – UNDIP

Selain mengadakan Ujian Mandiri (UM) secara tertulis yang biasanya dilaksanakan pada bulan Mei, UNDIP juga mengadakan seleksi masuk melalui jalur prestasi dengan nama Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi.

Persyaratan mengikuti jalur prestasi UNDIP: Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat Juara 1, 2 dan 3 (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat nasional dalam bidang olahraga, seni, olimpiade, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK. Selain itu, kamu bisa menambahkan dokumen/sertifikat atau surat keterangan dari lembaga yang menyatakan kamu mempunyai keahlian/kemampuan/prestasi. Contoh: penemu teknologi tepat guna, Hafal Alqur’an minimal 20 juz, dan lain-lain.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 7 Maret – 21 April 2017

Link informasi selengkapnya bisa kamu lihat di website resmi UNDIP berikut ini: https://um.undip.ac.id/informasi-seleksi-bibit-unggul-s1/

 

4. Jalur Prestasi – UNJ

Apabila kamu memiliki prestasi luar biasa pada tingkat nasional atau internasional, kamu bisa mencoba jalur prestasi masuk UNJ. Jenis prestasi yang memenuhi persyaratan adalah: Bidang Saintek, Bidang Sosial Humaniora, Bidang seni dan sastra, Bidang Olahraga, atau Hafidz Al Quran minimal 15 Juz.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 16 Mei – 2 Juni 2017

Link informasi selengkapnya bisa kamu lihat di website resmi UNJ berikut ini.

 

5. Jalur Prestasi – UNNES

Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan seleksi jalur mandiri bagi kamu yang mempunyai prestasi berupa Juara I, II, atau III (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsiatau Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.

Selain itu, apabila kamu mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya misalnya penemu teknologi tepat guna, hafal Alquran minimal 20 juz, kamu juga bisa mengikuti jalur ini.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 1 Februari s.d. 1 April 2017

Link informasi selengkapnya bisa kamu lihat di website resmi UNNES berikut ini. 

 

6. Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) – UNHAS

Jalur prestasi UNHAS dinamakan jalur POSK atau Penelusuran Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan. Persyaratannya yaitu memiliki prestasi keterampilan olahraga/seni/keilmuan yang ditandai dengan sertifikat/piagam/medali/piala di tingkat nasional. Penilaian terhadap peserta jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN 2017 dan nilai ujian keterampilan/bukti prestasi yang bersangkutan.

Nah karena dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN, maka persyaratan penting jalur POSK ini adalah: Terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2017 dan ga lolos. Apabila kamu mempunyai prestasi tingkat nasional tapi ga mengikuti SBMPTN, maka kamu ga bisa mengikuti jalur prestasi UNHAS. Jadi apabila kamu punya prestasi tingkat nasional, lolos SBMPTN, walaupun kamu merasa salah jurusan, kamu tetap NGGAK bisa mengikuti jalur ini.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 3 Juli – 8 Juli 2017

Link informasi selengkapnya bisa kamu lihat di website resmi UNHAS berikut ini.

 

7. Seleksi Mandiri Prestasi – UNY

Jalur seleksi mandiri prestasi UNY membuka pendaftaran untuk lulusan 2015, 2016 dan 2017. Jadi ga hanya buat kelas 12 aja, tapi juga alumni 2 tahun terakhir. Cakupan prestasi yang bisa mendaftar secara umum sih sama, yaitu bidang olahraga, bisang seni, sains atau penalaran, lomba keterampilan siswa, serta hafidz quran. Namun di website UNY, tidak tersedia informasi minimal tingkatnya. Jadi kalau kamu punya prestasi di tingkat kabupaten/kota, sok daftar aja.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 5 Juni – 1 Juli 2017

Link informasi selengkapnya pada website resmi UNY berikut ini.

 

8. Jalur Prestasi – UM Malang

Selain UNY, PTN yang membuka jalur prestasi bagi alumni adalah Universitas Negeri Malang (UM). Tahun 2017 lalu, alumni dua tahun terakhir, yaitu alumni tahun 2015 dan 2016 bisa ikut. Untuk tahun 2018, berarti yang boleh mengikuti jalur prestasi UM adalah alumni 2016 dan 2017 serta calon alumni 2018.

Persyaratan mengikuti jalur prestasi UM Malang adalah memiliki prestasi bidang akademik (sains dan humaniora) dan/atau non-akademik (seni, olahraga) serendah-rendahnya juara 3 (tiga) tingkat provinsi. Khusus untuk Program Vokasi, memiliki prestasi di bidang akademik atau non akademik serendah-rendahnya juara 3 (Tiga) tingkat kota/kabupaten.

Apabila kamu diterima di jalur prestasi, maka UM akan memberikan pembebasan SPSA dan UKT selama 2 semester pertama. Dan bisa diperpanjang apabila memenuhi syarat.

Pendaftaran tahun 2016/2017: 18 Mei – 1 Juni 2017

Link informasi selengkapnya bisa kamu lihat di website resmi UM Malang berikut ini.

======

Selain beberapa PTN di atas, mungkin aja ada beberapa PTN lain yang terlewat masuk daftar di atas. Trus mungkin aja tahun depan ada PTN yang baru buka jalur prestasi. Kabar terbaru sih, UNPAD rencananya akan membuka seleksi mandiri jalur prestasi pada tahun ajaran 2017/2018 ini.

 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Apabila Kamu Mengikuti Jalur Prestasi

1. Beberapa pendaftaran jalur prestasi dilakukan sebelum UN

Beberapa PTN seperti UGM, UNNES dan UNDIP sudah membuka pendaftaran jalur prestasi sebelum UN. Biasanya banyak anak yang kelewatan daftar karena terlalu sibuk dengan persiapan UN dan baru sadar ketika mulai cari-cari info setelah UN berakhir. Karena persyaratan untuk mengikuti jalur prestasi biasanya relatif banyak dan kesibukan kelas 12 nanti, aku saranin kamu siapin berkas-berkasnya jauh-jauh hari sebelum pendaftaran ditutup. Bahkan persyaratan apa yan bisa dicicil mulai hari ini, ga ada salahnya mulai disiapkan.

2. Kuota penerimaan jalur prestasi tidak banyak

Seperti yang udah gue jelasin di gambaran umum jalur masuk PTN di atas, kuota seleksi mandiri masing-masing PTN maksimal 30%. Biasanya seleksi mandiri PTN ga berupa jalur prestasi aja, tapi juga jalur ujian juga. Misalnya kalau di UGM ada UTUL dan PBUTM atau di UNDIP selain UM ada juga jalur prestasi. Jadi jatah maksimal 30% jalur mandiri tersebut akan dibagi lagi buat jalur ujian dan jalur prestasi, yang mana biasanya kuota jalur prestasi lebih sedikit dibanding jalur ujian.

Jadi saran aku sih, anggap jalur prestasi ini sebagai tambahan alternatif saja selain jalur ujian tes tertulis. Jangan terlalu ngarep banget sama jalur prestasi hanya karena kamu males belajar ujian tertulis. Pastikan kamu tetap belajar untuk ujian tes tertulis, dan jalanilah jalur masuk universitas sebanyak-banyaknya, agar kemungkinan kamu masuk universitas bisa diupayakan secara optimal.

3. Kamu bisa daftar di beberapa PTN sekaligus

Jadikan jalur prestasi ini sebagai alternatif untuk memperbesar peluang kamu masuk universitas. Jadi kamu bisa daftar jalur prestasi ini di beberapa PTN sekaligus, sepanjang ga ada larangan resmi. Ingat kuota jalur prestasi itu pada dasarnya memang sedikit. Jadi dengan mendaftarkan diri ke beberapa PTN, kamu bisa mensiasati keterbatasan kuota tersebut dan memperbesar kemungkinan kamu diterima masuk universitas.

Tapi perlu diingat juga, bukan berarti kamu bisa daftar seenaknya ya. Pastikan kamu daftar di PTN dan jurusan yang apabila kamu diterima, kamu memang berniat untuk mengambil. Apabila diterima di dua tempat, sebaiknya mengundurkan diri salah satu.

Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan strategi jalur prestasi ini dengan SNMPTN. Misal karena alumnimu banyak di UI, maka di SNMPTN kamu memilih UI, tapi di jalur prestasi kamu daftar di PBUTM UGM atau UNDIP yang nggak kalah bagus dengan UI.

****

Demikian pembahasan terkait jalur prestasi masuk universitas. Perlu diingat bahwa masih ada banyak jalur lain yang belum dibahas, karena memang tidak mungkin membahas semua jalur prestasi dalam sebuah artikel. Moga-moga artikel ini bermanfaat, khususnya sebagai informasi awal bagi kamu yang ingin mempertimbangkan jalur prestasi sebagai sala satu alternatif tambahan untuk masuk universitas. Good Luck!

Sumber: https://www.zenius.net/blog/17586/jalur-prestasi

, ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *